Pages

Kamis, 08 Maret 2012

5 Tempat Liburan Paling Asyik di Cirebon dan Kuningan Jawa Barat

1. CIBULAN
Cibulan adalah tempat wisata pemandian yang berada di Kuningan Jawa Barat. Pada umumnya tempat rekreasi ini sama dengan tempat pemandian yang lain, hanya disini yang membedakan adalah kita bisa berenang bersama dengan ikan-ikan yang besar, warga kuningan sendiri biasa menyebutnya dengan ikan dewa. Karena ikan tersebut hilang pada saat kolam renang tersebut dikuras. Entah apa yang terjadi. Disini juga kita bisa merasakan air kolam renang yang sangat segar, karena air tersebut langsung mengalir dari kaki gunung Ciremai.

 
2. SANGKANHURIP
Sangkanhurip adalah tempat pemandian umum yang terletak di kuningan jawa barat. Namun tempat rekreasi ini beda dengan cibulan. Yang memmbedakan adalah adanya kolam air panas yg disediakan khusus oleh pemilik kepada pengunjung. Air panas ini berasal dari kaki gunung ciremai. Di sekitar wilayah tempat rekreasi ini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa anda tempati. Mulai dari tarif minimum hingga tarif maksimum.



3. BATIK TRUSMI
Batik trusmi adalah suatu industri batik terbesar di Cirebon. Disini kita bisa membeli batik-batik khas yang asli berasal dari Cirebon. Disini juga kita bisa melihat langsung cara pembuatan batik tulis maupun batik cetak, bahkan kita bisa belajar membuat batik tulis langsung dari ahlinya. Produk batik disini tidak hanya memenuhi kebutuhan batik lokal, bahkan batik trusmi sudah bisa mengimport produknya ke luar negeri. Jadi kalian harus bangga memiliki produk yang sudah go internasional.



4. KULINER
Gak lengkap rasanya bila kita berkunjung ke suatu daerah tapi kita belum mencoba makanan khas daerah tersebut, apalagi Cirebon yang banyak akan makanan khasnya. Yang paling fenomenal adalah Nasi Jamblang, makanan ini mungkin sudah terkenal di seluruh indoensia. Nasi yang dibungkus daun jati ini memang beda dengan nasi pada umumnya, dan kita bisa memilih sendiri lauk yang pas dengan selera kita untuk menemani nasi tersebut. Makanan khas Cirebon yang lain juga tidak kalah enak. Diantaranya ada Empal Gentong, Tahu Gejrot dan Nasi Lengko.

                                              NASI JAMBLANG

                                                                 EMPAL GENTONG
                                                                    TAHU GEJROT
                                                NASI LENGKO

5. OLEH-OLEH
Setiap kita berkunjung ke suatu daerah pasti kita mencari cindera mata untuk kerabat terdekat. Di Cirebon terdapat beberapa oleh-oleh yang wajib dibeli. Di antaranya makanan-makanan ringan berupa kerupuk, rangginang dan emping. Batik trusmi juga bisa anda jadikan oleh-oleh bila berkunjung ke Cirebon jawa barat. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar